Jumat, 05 Juli 2013

Laporan Pengembangan Diri Berkelanjutan



A.      PENDAHULUAN
Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat dibanggakan saat ini. Apalagi seorang guru itu sangat dihormati dan disegani di mata masyakat dan anak didik. Tetapi walaupun demikian tugas guru itu sangat sulit, karena selain mengajar, membimbing dan melatih anak didik untuk menjadi pintar dan kreatif tetapi juga harus memberikan contoh yang baik bagi anak didik agar bisa mencerminkan prilaku yang berbudi luhur.
Guru itu singkatan dari kata guguh dan ditiru. Yang artinya segala perbuatan, sikap dan prilaku guru itu menjadi contoh dan patut ditiru. Maka dari itu tugas guru sebenarnya sanglah mulia, sehingga lebih dikenal dengan pahlawan tanpa tanda jasa.
Penulis menjadi guru sejak tahun 2002 pada saat penulis mengambil kuliah jurusan PGSD untuk tngkat sekolah dasar. Penulis diangkat menjadi CPNS pada tahun 2005 dan ditempatkan di salah satu SD teprencil di asahan. Walaupun daerah tempat penulis bekerja jauh dari jangkauan ditambah lagi jalan yang dilalui begitu sulit, namun hal itu tidak menurunkan semangat penulis untuk terus berkarya menuju keberhasilan sekolah dan anak didik khususnya bagi penulis sendiri. Pandangan masyarakat luar tentang sekolah penulis sangatlah sempit, mereka menganggap bahwa semua guru bahkan anak didik sekolah penulis tidaklah berpotensi. Walaupun mereka berpandangan seperti itu, tidak mengurangi bahkan menambah semangat penulis menuju lebih maju.
Di awal Tahun Pelajaran 2005, saat tahun pertama penulis mulai bekerja di SDN 014648 Sei Belimbing disaat itulah pertama sekali sekolah penulis mnedapat juara di Tingkat Kecamatan. Tentunya hal ini menjadi perhatian oleh orang-orang dinas pendidikan kecamatan pulau rakyat, sehinga akhir penulis dan rekan sejawat penulis sering dihunjuk untuk mengikuti pelatihan pendidikan keprofesian. Diklat yang penulis ikuti adalah sebagai berikut:
NO
NAMA/JENIS DIKLAT
TEMPAT
WAKTU PELAKSA-NAAN
PENYE-LENGGARA
a.
Pelatihan Penetapan KKM
SDN 017961 Pulau Rakyat Tua
08 Juni 2009
UPT Dinas Pendidikan Kec. Pulau Rakyat
b.
Pelatihan SKJ 2008 & Aerobik
Kantor UPT Dinas Pendidikan Kab Asahan
Oktober s/d Desember 2009
Bupati Asahan
c.
Pelatihan Senam Indonesia Sehat (SIS)
Gedung Serba Guna Kisaran
Maret s/d Mei 2010
Bupati Asahan
d.
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Penggunaan Media Pembelajaran untuk Jenjang SD dan SMP di SUMUT Tahun 2010
Hotel Sinabung Resort Berastagi, Kabupaten Karo
07 s/d 11 Desember 2010
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara
e.
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SD, SMP dan SMA di SUMUT Tahun 2011
Hotel Sinabung Resort Berastagi, Kabupaten Karo
22 s/d 28 Mei 2011
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara
f.
Pelatihan Akreditasi Tutor Universitas Terbuka
UPBJJ Medan
03 s/d 05 April 2012
Universitas Terbuka
g.
Peningkatan Mutu Belajar dan Pembelajaran Bidang Studi Matematika untuk Jenjang SD Provinsi SUMUT Tahun 2012
Hotel Sibayak Berastagi, Kabupaten Karo
17 s/d 21 April 2012
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara
h.
Seminar dan Workshop Team Teaching dan PTK Pembelajaran Tematik
UNIMED
21 Juni 2011
PPs UNIMED
i.
Seminar dan Workshop Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK
UNIMED
22 Juni 2011
PPs UNIMED

Tujuan penulis mengikuti Diklat ini karena penulis ingin menambah ilmu penulis sebagi seorang guru yang profesional dan juga mengembangkan ilmu yang penulis peroleh kepada teman-teman sejawat agar kinerja guru-guru di Kecamatan Pulau Rakyat lebih berkualitas dan profesional sehingga bisa dibanggakan dan dicontoh.



B.       BAGIAN ISI
Pada Diklat Pelatihan Penetapan KKM yang dilakukan di SDN 017961 Pulau Rakyat Tua pada tanggal 8 Juni 2009 yang tujuan pelaksanaannya dilakukan agar para guru tahu bagaimana cara membuat KKM di kelasnya masig-masing.
Untuk Diklat SKJ 2008 & aerobik serta pelatihan Senam Sehat Indonesia yang dilakukan digedung Serbaguna Kisaran yang tujuan pelaksanaanya untuk membiasakan anak didik serta guru-guru agar tetap sehat dan kuat, karena bila tubuh sehat maka jiwa kuat. Hal ini seiring dengan visi dan misi Asahan. Pendidikan dan latihan yang diperoleh selanjutkan dikembangkan di kecamatan tempat penulis bekerja.
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Penggunaan Media Pembelajaran untuk Jenjang SD dan SMP di SUMUT Tahun 2010 yang tujuannya agar guru-guru yang ada di provinsi Sumatera Utara dapat membuat berbagai media pembelajaran yang berguna disekolahnya dan dapat mengembangkannya. Materi yang disampaikan dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Penggunaan Media Pembelajaran untuk jenjang SD dan SMP di Sumatera Utara Tahun 2010 mengenai Media pembelajaran. Media merupakan alat yang mempunyai menyampaikan pesan. Media merupakan perantara atau penyampai informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara  pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Dengan demikian media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana peyampai pesan atau media. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi pembelajaran yang ada dalam kurikulum yang dituangkan oleh pengajar atau fasilitator atau sumber lain ke dalam simbol-simbol  komunikasi, baik simbol verbal maupun simbol nonverbal atau visual.
Dalam pemilihan media harus memperhatikan beberapa kriteria, yaitu tujuan pembelajarana, sasaran pengguna, biaya, ketersediaan, kemampuan media. Syarat-syarat pembuatan media : Visible (mudah dilihat), interesting (menarik), simple (sederhana), useful (bermanfaat), accurate (benar), legitimate (sah, masuk akal), Structure (terstruktur).
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SD, SMP, nSMA Tahun 2011 dan Pembelajaran Bidang Studi Matematika di SUMUT Tahun 2012 yang tujuan pelaksanaannya bagaimana cara merancang dan menerapkan pembelajaran yang baik untuk 4 aspek bahasa Indonesia agar proses pembelajaran lebih bermakna dan berkesinambungan. Untuk matematika agar guru bisa menciptakan berbagai alat peraga murah sehingga pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Seminar dan Workshop Team Teaching dan PTK Pembelajaran Tematik Seminar dan Workshop Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK yang tujuannya agar guru-guru yang selama ini buta pada pembelajaran Tematik tentunya akan menjadi tahu bagaimana cara membuat program pembelajaran tematik kelas rendah seta dapat menerapkannya dikelas rendah. Serta guru harus sudah mengenaui teknologi terbaru dan modern yang saat ini lagi berkembang-kembangnya yang nantinya akan sangat berpengaruh untuk proses pendidikan.
Pelatihan Akreditasi Tutor Universitas Terbuka memberikan pengalaman berharga tentang bagaimana menjadi tutor yang baik dan mentransferkan ilmunya  bagi teman sejawat
Dari berbagai Pendidikan dan Pelatihan yang penulis peroleh, penulis mengembangkan ilmu yang penulis dapat kepada teman-teman seprofesi penulis. Penulis sering menjadi instruktur, tutor atau pun pemateri dan nara sumber di berbagai sekolah baik di sekolah sendiri, sekolah lain, di kegiatan kelompok kerja guru (KKG) gugus V ditempat penulis kerja, KKG tingkat kecamatan, bahkan KKG di kecamatan lainnya.
Melalui Diklat ini penulis benar-benar mendapatkan berbagai pengetahuan, pengalaman yang sangat berdampak bagi penulis. Penulis jadi lebih termotivasi untuk menjadi seorang guru yang profesional sehingga dengan pengalaman yang penulis dapatkan ini, penulis memberanikan untuk mengikuti lomba guru berprestasi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten dan alhamdulillah penulis diutus sebagai duta asahan untuk lomba tingkat provinsi.
Semoga ke depannya penulis bisa menjadi guru yang dibanggakan di Kabupaten asahan khususnya di tempat penulis bekerja. Amin..
C.      PENUTUP
Penulis sadar bahwa kinerja penulis sebagai seorang guru pastinya masih banyak kelemahan dan kekurangan. Oleh karena itu penulis tetap bersemangat untuk mencari ilmu dan pengetahuan bidang pendidikan dan agama. Seperti kata Rasul dalam Hadistnya yang berbunyi “Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat”.
Demikian laporan pengembang diri ini penulis tuliskan, semoga kirannya bisa berbagi pengalaman bagi guru-guru seprofesi dengan penulis. Demikian laporan pengembang diri ini penulis tuliskan, semoga kirannya bisa berbagi pengalaman bagi guru-guru seprofesi dengan penulis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar